Home   Article   Jadilah Orang Tua Yang Membanggakan Anak

Jadilah Orang Tua Yang Membanggakan Anak

Orang tua umumnya ingin agar anak-anak mereka menjadi orang yang membanggakan kelak, namun apakah saat ini kita telah menjadi orang tua yang dibanggakan oleh anak? Ada pepatah yang mengatakan, “ketam menyuruh anaknya berjalan betul,” yang berarti, orang tua pandai menasihati anak, namun tak dapat melakukannya sendiri. Hal ini dapat terjadi karena orang tua sibuk membuat rencana masa depan anak-anak.

Mama dan papa tidak harus mempunyai segudang prestasi, memiliki kedudukan tinggi atau bekerja di sebuah perusahaan yang besar agar anak merasa bangga. Prinsip menjadi orang tua yang membanggakan anak adalah dengan menjadi orang tua yang selalu dapat memperhatikan kebutuhan anak, mencontohkan cara menjalani kehidupan secara positif, memiliki waktu untuk berbagi kasih sayang, dan mengajak anak memahami apa yang dikerjakan orang tua untuk dirinya, termasuk memperkenalkan anak kepada kantor papa dan mama serta memperlihatkan bagaimana mama bangun pagi demi menyiapkan bekal untuk anak.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi.,Psi., psikolog dari Lembaga Psikologi Universitas Indonesia, mengatakan bahwa “ketika anak merasa bangga kepada orang tuanya, maka hubungan anatara anak dan orang tua menjadi lebih positif, serta hangat. Dan jangan pula, anak juga belajar tentang perannya ketika dewasa nanti dari orang dewasa di sekitarnya, terutama orang tua.”

Kelak dikemudian hari, rasa bangga anak kepada orang tua berubah menjadi motivasi dan disiplin diri, sehingga ia mampu berkarya. Selain itu manfaat lainnya adalah :
1. Anak akan mendapatkan teladan yang baik untuk proses identifikasi perannya kelak dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat.
2. Rasa kagum atau adoration anak terhadap orang tuanya akan semakin membuka komunikasi yang baik antara anak dan orang tua.
3. Anak belajar cara-cara berinteraksi sosial yang lebih luas terhadap orang lain.

sumber : majalah Parenting Januari 2017 hal. 47

 

Share